Autoluz – Honda Ruckus baru telah meluncur di Amerika Serikat. Motor matik baru tersebut punya tampang garang dengan desain radikal. Namun, uniknya, mesin yang digendong tergolong sangat kecil.
Di Amerika Serikat, Honda Ruckus dipasarkan Honda Powersport sebagai distributor resmi. Kuda besi tersebut dibanderol US$ 2.899 atau sekira Rp 47 jutaan. Sementara pilihan warnanya hanya dua, yakni krem dan hitam.
Nah, biar kenal lebih dengan Honda Ruckus baru, yuk simak spesifikasi dan detail-detail lainnya!
Honda Ruckus merupakan motor matik telanjang yang nyaris tanpa ‘pakaian’. Hampir seluruh bagian terbuka kecuali area dasbor yang ditutup cover minimalis.
Mari kita mulai dari bagian wajahnya. Kendaraan tersebut menggunakan sepasang headlamp berukuran besar yang sepintas menyerupai lampu senter. Kemudian seinnya punya bentuk kotak dan dibuat bertungkai.
Bagian paling unik dari Honda Ruckus adalah jok tunggalnya yang dirancang seperti menggantung. Dudukan tersebut ditopang rangka besi yang membuatnya terhubung dengan tubuh inti. Sementara rodanya cukup tebal dengan model semi-off road.
Desain Honda Ruckus memang sangat radikal untuk dipakai harian. Tunggangan itu seperti model konsep yang belum siap dipasarkan secara massal. Namun, di situlah letak istimewanya motor tersebut.
Tubuh Honda Ruckus perpaduan antara Die Cast Alumunium dan Steel Upper-rear Frame. Sementara suspensi depannya twin shock absorbers dengan jarak travel 55 mm dan suspensi belakangnya single swingarm. Bannya punya ukuran 120/90-10 di depan dan 130/90-10 di belakang.
Fitur
Sebagai motor matik yang dibanderol hingga nyaris Rp 50 juta, fitur yang tertanam di Honda Ruckus bisa dibilang biasa saja. Bahkan, teknologinya terkesan ketinggalan zaman.
Pabrikan masih membekalinya dengan lampu utama atau headlamp halogen, kuncinya masih konvensional alias belum keyless, belum ada soket pengisian daya dan panel instrumennya masih analog.
Mesin
Honda Ruckus merupakan motor bertenaga kecil yang dipasarkan di bawah brand Camp Pinkanok. Kendaraan itu menggunakan mesin kecil dengan kapasitas 49 cc SOHC bersilinder tunggal dan berpendingin cairan.
Sayangnya, ketika kami telusuri di laman resmi Honda Powershot dan sumber lain, tak ada informasi detail mengenai tenaga dan torsi yang bisa dihasilkan. Namun, yang jelas, tunggangan tersebut dikhususkan untuk mereka yang terbiasa berkendara santai.