PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Fortuner Facelift di Indonesia hari ini (6/9/2024).
Ini adalah facelift atau penyegaran kedua yang dilakukan PT TAM pada Toyota Fortuner generasi kedua (AN150) di Tanah Air.
Sebelumnya Big SUV Ladder Frame ini mendapatkan ubahan ringan pada 2020 lalu.
Namanya juga Facelift, ubahan di Fortuner yang rilis di Indonesia pada 2016 ini juga enggak banyak.
Untuk varian 4×2 (2.8 VRZ dan 2.7 SRZ) ubahan di eksterior hanya ada di bumper depan, belakang, dan desain pelek 18 inci-nya saja.
Bentuk grille dibuat lebih kecil dengan alis lampu berkelir sewarna bodi.
Lubang Udara di tengah bumper depan ukurannya lebih besar dengan rumah fog lamps baru.
Bentuk bumper belakang berubah pada bagian diffuser dan mata kucing yang lebih tipis.
Bentuk palang pelek juga berubah, menjadi 10-spokes yang lebih tebal dengan finishing hitam mengilap.
Masuk ke dalam kabin, dashboard masih sama bentuknya.
Head unit pun masih pakai layar 9 inci, tapi user interface dan fitur-fiturnya baru.
Kini head unitnya sudah dibekali in-car WiFi, remote immobilizer, concierge service, dan message center.
Yup, head unitnya dikasih SIM card Telkomsel dengan paket data yang membuat penumpang bisa mengakses internet dari mobil.
Lalu layar monitor belakang atau Rear Seat Entertainment (RSE) ukuran layarnya lebih besar menjadi 11,6 inci.
Bentuk setir masih sama, tapi di palang kanan kini ada tombol untuk mengoperasikan sejumlah fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS)TSS di Toyota Fortuner terdiri dari lima komponen, yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM).
Oh ya, fitur TSS ini hanya ada di varian 2.8 VRZ 4×2 dan 2.8 GR Sport atau GR-S 4×4.
Nah, Toyota Fortuner 2.8 GR-S 4×4 yang merupakan varian flagship alias tertinggi bin termahal ubahannya berbeda.
Utamanya pada desain bumper depan yang lebih sporty dan dikasih emblem GR-S, lamp depan double projector dengan sein sequential, desain pelek, serta kaliper rem dengan kelir merah.
Oh ya, sokbreker tipe 4×4 GR-S juga berbeda ya, ia sudah pakai jenis monotube.Head unit dan TSS sama persis, tapi jok dilapis kulit dan suede yang dikasih jahitan merah.
Jahitan merah ini juga ada di dashboard dan panel pintu.
Untuk pilihan dan spesifikasi mesin serta transmisi masih sama dengan model sebelumnya.
Ada mesin bensin 4-silinder 2.694 cc DOHC 16 valve Dual VVT-i (2TR-FE) bertenaga 163 dk/3.400 rpm dan torsi puncak 245 Nm/4.000 rpm.
Kalau mesin dieselnya ada dua pilihan, yaitu 1GD-FTV (VRZ dan GR-S) dan 2GD-FTV (G A/T dan M/T).
1GD-FTV merupakan mesin diesel 4-silinder 2.755 cc DOHC 16 valve VNT Intercooler bertenaga 203,9 dk/3.000-4.000 rpm dan torsi puncak 500 Nm/1.600-2.800 rpm.
Unit 2GD-FTV juga diesel 4-silinder DOHC 16 valve VNT Intercooler tapi kapasitasnya 2.393 cc dengan tenaga 149,6 dk/3.400 rpm dan torsi puncak 400 Nm/1.600-2.000 rpm.
Toyota Fortuner Facelift 2024 dibagi menjadi empat grade Utama, yaitu G, SRZ, VRZ, dan GR Sport atau GR-S.
Total varian yang ditawarkan ada sembilan, yaitu 4×2 2.4 G M/T, 4×2 2.4 G A/T, 4×2 2.7 SRZ A/T, 4×2 2.7 SRZ with GR Parts Aero Package A/T, 4×2 2.8 VRZ A/T, 4×2 2.8 VRZ TSS A/T, 4×2 2.8 VRZ TSS with GR Parts Aero Package A/T, 4×4 VRZ A/T, dan 4×4 GR-S TSS A/T.